Senin, 15 September 2008

BARU KUSADARI


Sabtu sampai Selasa: 13-16 September 2008 di rumah ga ada pembantu, ga ada Oma, ga ada adik ipar hanya ada istri tercinta dengan dua anakku yang masih kecil-kecil; yang satu dua bulan lagi baru genap 2 tahun dan yang kecil masih 2 bulan beberapa hari.
Aku sempat khawatir bagaimana keadaan istriku di rumah. Pasti repot banget. Bagaimana kalau istriku mau ke belakang, sementara yang besar dan yang kecil lagi nangis; bagaimana di rumah sendiri dengan 2 anak yang masih kecil? Aku bekerja di sekolah dan di paroki tidak tenang. Tetapi, baru kusadari.......

Rafa, anakku yang besar sungguh luar biasa. Hari Sabtu dari sekolah jam 11 aku langsung pulang dan melihat banyak hal yang selama ini luput dari pengamatanku langsung(selama ini hanya dengar dari kisah istriku). Rafa sungguh menyayangi adiknya Ella. Meski masih kecil ia menjaga adiknya saat nagis, mengambilkan pakaian adiknya saat pipis karena diminta mamanya, dan mengambilkan botol susu di meja untuk dibawa ke kamar. Rafa juga selalu ikutan seluruh kegiatan rumah. Saat mamanya mencuci ia ikutan mencuci, menyapu ikutan menyapu, mengepel ga mau ketinggalan mau ikutan, memasak ikutan memasak, menyeterika ikut menyetrika(dengan seterika mainan tentunya) dan ikutan belanja sayuran .

Sabtu sore, saat istriku memasak untuk makan sore aku melihat langsung Rafa ikutan memasak, memotong kacang panjang dan mengulek bumbu. wow...aku sampai terheran-heran dibuatnya. Mulanya mamanya hanya kasih 4 butir bawang putih di ulekan, trus dia tumbuk-tumbuk lalu dia ulek e... dia minta ditambahin garam dan bumbu-bumbu lain sambil teriak: mama...ayem...mama...ayem...mama. Aku tertawa tapi juga kaget. Wah anakku begitu cepat mengamati dan mempraktikkannya.
kekawatiranku yang berkecamuk sejak meninggalkan rumah pada Sabtu pagi akhirnya sirna. Apalagi Ella juga baik dan manis selama 4 hari. Tiga wanita di rumah saling bekerja sama meski tak ada papanya dan hanya di rumah bertiga.


Empat hari kita berempat bekerja sama: aku harus bangun lebih pagi dari biasanya, pukul 4:30 untuk bantuin cuci piring dan ngepel. Jadi saat anak-anak bangun rumah sudah bersih. Di rumah kita hanya berempat tapi aku menemukan sesuatu yang indah. I love you all.

Tidak ada komentar: